fbpx

Resep Sate Taichan, Siap Menggoyang Lidah

Resep Sate Taichan, Siap Menggoyang Lidah

sate taichan

Sate taichan adalah sate yang terbuat dari daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya. Sate ini disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis, sementara daging sate lazimnya berwarna putih polos dan hanya dibumbui garam, jeruk nipis, dan sedikit cabai. Sate ini dijual pada malam hari, lazimnya sate-sate pada umumnya.

1. Berkenalan dengan Sate Taichan

Dari namanya, orang-orang banyak mengira makanan hits ini berasal dari Jepang atau Korea. Anggapan itu tentunya salah besar karena varian sate ini sesungguhnya merupakan kreasi lokal di daerah Senayan, Jakarta Selatan. Mengutip dari yukepo.com , berdasarkan kisah yang dibagikan oleh salah satu pelopor sate taichan senayan yang bernama Pak Amir, ia mendapatkan ide kreasi sate ini dari salah satu pelanggan di warung satenya yang merupakan pasangan laki-laki Jepang dan perempuan Indonesia. Tamu yang satu ini alih-alih memesan sate seperti pelanggan pada umumnya, ia justru membumbui sate sendiri dengan garam dan jeruk nipis, lalu memakannya dengan sambal yang melimpah. Pak Amir menanyakan kepada tamu tersebut, apa nama yang baik bagi makanan tersebut dan pelanggan tersebut menjawab dengan seruan “Taichan!”.

Sebenarnya jika menelisik proses pembuatannya, akan terlihat bahwa prinsip yang digunakan adalah proses marinasi. Menurut sumber, Marinasi adalah proses perendaman daging didalam marinade, sebelum diolah lebih lanjut.  Marinade adalah nama populer dari cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam daging (termasuk juga daging unggas dan seafood), biasanya digunakan untuk menambahkan rasa dan/atau meningkatkan keempukan daging.  Variasi marinade sangat banyak dengan kekhasan formulanya masing-masing.  Pemilihan marinade karenanya menjadi kunci penting untuk menghasilkan masakan daging yang lezat.     

Karena menggunakan prinsip marinasi itulah cita rasa sate taichan sangat khas dan berbeda dengan sate pada umumnya karena sangat menonjolkan gurih rasa natural dari daging ayam.

2. Bahan-bahan

bahan-bahan

Bahan Sate
– 250 gram daging ayam fillet, dipotong dadu
– 3 siung bawang putih, dirajang halus
– 2 butir jeruk nipis
– gula dan garam secukupnya

Bahan Sambal
– 8 buah cabe merah keriting
– 5 buah cabe rawit merah
– 2 siung bawang merah
– 1 siung bawang putih
– 1 butir tomat
– jeruk nipis
– 1 sdm Saus Obor
– gula dan garam secukupnya

3.Cara Membuat Sate Taichan

cara membuat sate taichan

1. Campur daging ayam dengan air jeruk nipis, bawang putih halus, garam, sedikit gula dan Saus Obor.
2. Tambah air perasan jeruk nipis dalam rendaman ayam, simpan di kulkas selama 15 menit.
3. Tusuk daging ayam dengan tusukan sate.
4. Panaskan alat pemanggang, olesi dengan minyak, panggang sate sampai matang.
5. Untuk membuat sambal, kukus semua bahan sambal (kecuali jeruk), lalu haluskan. Kemudian tumis dengan sedikit minyak, tambah garam dan gula secukupnya. Setelah menyusut, tambah air perasan jeruk nipis, masak sebentar, lalu tambah air perasan jeruk limau.
6. Sajikan dengan sambal.

jangan kaget jika rasanya lebih enak dari yang kamu makan biasanya, pastinya karena kamu menggunakan Saus Obor ke dalam sate taichan kamu. Selain membuat lebih sedap, juga membuat citarasa masakanmu semakin dalam.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *