fbpx

Masakan Mie Khas Nusantara yang dijamin Bikin Ketagihan

Masakan Mie Khas Nusantara yang dijamin Bikin Ketagihan

Masakan Mie

Mie sudah jadi makanan favorit di banyak negara. Masakan mie di berbagai negara sudah menyesuaikan dengan budaya setempat. Di Italia misalnya, disebut dengan Pasta atau Fetuccini dan di Jepang disebut dengan Soba. Mie terbuat dari tepung terigu atau gandum dengan bentuk seperti tali, biasanya dimasak dengan cara digoreng atau direbus dan diberi toping bervariasi tergantung selera.

Tak terkecuali juga di Indonesia. Mie di bawa oleh pedagang Tiongkok pada masa perdagangan dulu. Sehingga tidak mengherankan aneka masakan mie sudah menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Dari wilayah ujung Barat sampai Timur Indonesia banyak ditemukan variasi masakan mie. Dari makanan bintang lima hingga jajanan street food, lalu ada apa saja?

1. Masakan Mie Aceh

Masakan Mie Aceh

Sesuai dengan namanya, Mie ini berasal dari Aceh. Mie Aceh memiliki ciri khas berwarna kuning dan tebal. Dimasak dengan bumbu rempah yang kental dan pedas. Dicampur dengan daging ayam, sapi atau kambing bisa juga dengan seafood seperti kepiting, udang, atau cumi. Biasanya disajikan bersama emping, potongan bawang merah dan mentimun. Mie Aceh punya tiga jenis varian berbeda yaitu, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering), Mie Aceh Tumis (dengan sedikit kuah) dan Mie Aceh Kuah (sup). Dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah dan pedas, cocok banget makan mie Aceh untuk menghangatkan diri.

2. Mie Tek-Tek

Mie tek-tek merupakan mie yang dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Makanan kaki lima ini terkenal dengan harganya yang murah namun untuk rasanya tidak semurahan itu. Penggunaan mie bisa disesuaikan dengan selera. Bisa menggunakan mie telor ataupun mie instan. Cara membuat mie tek-tek juga terbilang mudah karena menyesuaikan dengan selera masing-masing orang. Mie tek-tek dimasak dengan campuran bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai yang sudah dihaluskan. Lalu, dicampur dengan sayuran, irisan daging, telur, sosis dan sebagainya. Bisa disajikan nyemek, berkuah, atau kering. Jika suka pedas dapat ditambahkan irisan atau potongan cabai.

3. Mie Celor

Mie Celor

Makanan khas Palembang ini punya kuah yang istimewa karena warnanya yang berbeda dari mie lainnya. Kuah mie celor berwarna putih karena santan kelapa bukan karena telur. Mie yang dimasak dengan cara mencelupkannya sebentar ke dalam air panas beserta taoge. Dimakan dengan kuah kental yang terbuat dari daging udang atau kepiting yang dilumatkan. Selain nikmat di lidah, ternyata mie celor juga mengandung kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Kandungan karbohidratnya berasal dari penggunaan mie telur, santan, dan tepung kanji yang bisa membuat kenyang lebih lama. Kandungan protein dalam mie celor berasal dari udang, suwiran ayam, dan telur rebus. Asupan vitamin, mineral, dan serat bisa didapatkan dari taoge dan kucai. Selain itu, taoge dan kucai juga kaya kandungan serat dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Masakan Mie Ongklok

Mie ongklok merupakan makanan khas dari Wonosobo. Mie ongklok identik dengan kuahnya yang kental karena dilarutkan dengan tepung maizena. Cara membuatnya juga cukup mudah. Tumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, gula, garam merica dan ebi hingga harum. Jangan lupa untuk memasukkan saus tiram dan kecap manis lalu aduk rata. Tuang kaldu sapi dan masak hingga mendidih. Tuang larutan maizena. Aduk hingga mengental lalu siap disajikan. Lebih nikmat dengan taburan daun bawang dan bawang goreng.

5. Mie Titi

Mie Titi khas Makassar punya keistimewaan dengan teksturnya yang renyah. Tekstur yang kriyuk renyah ini mengingatkan dengan jajanan mie lidi. Yang membedakan dengan mie lidi adalah mi titi disiram dengan kuah kental perpaduan air, telur, dan tepung kanji. Sedangkan untuk mendapatkan cita rasa gurih hanya membutuhkan merica dan bawang putih yang dijadikan sebagai bumbu penyedap.

Itulah tadi beberapa masakan mie khas Indonesia yang dijamin bikin ketagihan. Selain cara membuatnya yang mudah, mie juga mengandung karbohidrat sehingga dapat menjadi pengganti nasi.

Jangan lupa untuk memasak mie favorit kamu dengan Saus Obor ya, karena Saus Obor dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi serta satu-satunya saus yang bisa menggantikan berbagai macam saus yang kompleks yang sudah beredar di pasaran. Kegiatan memasak jadi mudah dengan Saos Obor.

Jadi, apakah kamu sudah menentukan mau masak mie apa untuk hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *