fbpx

Manfaat Udang bagi kesehatan kamu.

Manfaat Udang bagi kesehatan tubuh kamu

Manfaat udang bagi tubuh kamu

Bicara soal makanan laut, udang mungkin menjadi favorit banyak orang. Selain enak dan lezat, udang memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan. Manfaat udang dimulai dari menurunkan berat badan, menyehatkan otak, sampai menjaga tulang.

Nutrisi udang pun tak main-main. Udang mengandung berbagai mineral (seperti mineral selenium dan zat besi), vitamin (seperti B12 dan B3), serta asam lemak baik omega-3 dan omega-6.Tak sampai di situ, makanan bahari ini pun mengandung molekul antioksidan astaxanthine serta iodin yang baik untuk otak. Lebih jelasnya, mari simak selengkapnya di bawah ini!

Beragam manfaat udang untuk kesehatan

Terdapat berbagai khasiat udang bagi kesehatan Anda. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Membantu dalam menurunkan berat badan

Membantu dalam menurunkan berat badan

Udang sangat kaya dengan protein dan vitamin D, dengan sedikit karbohidrat. Dengan porsi nutrisi ini, udang dapat menjadi pilihan jika Anda tengah menjalankan diet untuk menurunkan bobot tubuh.

Udang juga memiliki kandungan zinc yang tinggi, yang dapat meningkatkan kadar leptin. Leptin sendiri merupakan hormon yang dapat membantu dalam menghindarkan Anda dari konsumsi makanan berlebih.

2. Manfaat udang menangkal penuaan dini

Salah satu kandungan udang adalah karetonoid jenis astaxanthine. Karetonoid ini memiliki efek antioksidan dan dapat membantu dalam mengurangi tanda penuaan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet A (UVA) dan cahaya matahari.Tanpa perlindungan, cahaya matahari dan UVA dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Mulai dari bintik hitam, kerutan, hingga sunburn.

Manfaat udang Menangkal penuaan dini

3. Mencegah rambut rontok

Mencegah rambut rontok

Manfaat udang juga berlaku untuk kesehatan rambut. Pasalnya, udang berpotensi mencegah kerontokan mahkota kepala ini.Lagi-lagi, nutrisi udang yang berperan dalam memberikan kebaikan tersebut adalah zinc. Kekurangan zinc telah dikaitkan dengan masalah rambut rontok, jadi pastikan asupannya cukup.

4. Manfaat udang menjaga kesehatan tulang

Protein dan mineral dalam udang, seperti kalsium, fosfor dan magnesium, dapat membantu dalam mencegah masalah tulang. Dengan melengkapi asupan protein dan mineral ini, Anda dapat menurunkan risiko berkurangnya massa dan kekuatan tulang yang dikaitkan dengan gejala osteoporosis.

Manfaat udang Menjaga kesehatan tulang

5. Memelihara kesehatan otak

Memelihara kesehatan otak

Ternyata manfaat udang memiliki asumsi yang berlawanan dengan istilah ‘otak udang’. Rutin mengonsumsi makanan laut ini justru dapat menjaga kesehatan otak Anda.Kadar zat besi dalam udang diperlukan untuk produksi hemoglobin, yang berperan untuk mengikat oksigen. Produksi hemoglobin yang optimal membantu dalam melancarkan aliran oksigen dalam tubuh, termasuk ke otak. Kecukupan oksigen di otak yang terpenuhi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta kemampuan pemahaman.Astaxanthine dalam udang pun dilaporkan bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, ketahanan sel otak, dan menurunkan risiko peradangan otak.

6. Menjaga kesehatan jantung

Studi menemukan bahwa 356 wanita yang mengkonsumsi kerang dan udang secara teratur memiliki kadar trigliserida dan tekanan darah yang secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kerang dalam makanan sehari-hari mereka. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi udang secara teratur tidak memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.Meski manfaat udang sangat beragam, konsumsinya tentu saja tidak boleh sembarangan. Ada hal-hal yang tetap perlu Anda perhatikan.

Manfaat udang Menjaga kesehatan jantung

Bagaimana dengan kadar kolesterol dalam udang?

kadar kolesterol

Banyak orang yang ragu mengonsumsi dan memetik manfaat udang karena kadar kolesterolnya yang terbilang tinggi. Dalam 85 gram udang saja, terkandung sekitar 166 mg kolesterol. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari jenis makanan laut lainnya.

Walau begitu, kaitan antara makanan berkolesterol dan pengaruhnya terhadap kolesterol dalam darah terbilang kompleks. Sebuah studi menemukan bahwa anggapan kolesterol makanan pasti memengaruhi kolesterol darah tidak berlaku pada mayoritas individu.

Pertama, hanya sebagian kecil orang yang sensitif terhadap kolesterol dari makanan. Ini berarti, kebanyakan orang sebenarnya tidak terkena dampak dari kolesterol tersebut. Apa alasannya?

Pasalnya, organ hati juga melepaskan kolesterol ke dalam darah. Apabila Anda mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi, hati akan otomatis mengurangi produksi kolesterol agar tetap seimbang.

Kedua, para pakar menekankan bahwa makanan dengan kolesterol tinggi juga mengandung lemak jenuh. Hal ini tidak berlaku untuk udang, karena makanan laut ini rendah lemak jenuh.

Ketiga, udang mengandung molekul antioksidan dan asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini justru menyehatkan untuk jantung.

Walau tinggi kolesterol, kandungan nutrisi di dalamnya membuat udang cenderung tidak berbahaya untuk jantung. Namun Anda tetap disarankan untuk mengonsumsinya dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan agar manfaat udang bisa didapatkan secara optimal.

Sumber

Nah bagi kamu yang ingin memasak udang, bisa cek disini.

Saus Obor

Pesan Saus Obor
SEKARANG JUGA!​

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *