fbpx

Makanan Korea Mudah ala Delicious Rendezvous

Makanan Korea Mudah ala Delicious Rendezvous

Delcious Rendezvous

Nonton variety show  dari negeri ginseng memang kurang lengkap kalau belum nonton acara cooking show-nya. Salah satunya acara Delicious Rendezvous. Dengan di pandu Chef Baek Jong Won yang sudah berpengalaman di bidang kuliner, kita diajak menjelajah memasak makanan korea rumahan dengan mudah.

Di tiap episodenya kita disuguhi bahan makanan yang fresh sekaligus punya gizi dan efek baik untuk kesehatan. Dari sayur sampai seafood semuanya bisa dimasak mudah. Tentunya Chef Baek Jong Won akan memberikan tips and trik supaya makanannya punya cita rasa yang enak di lidah dan sehat di tubuh.

Lalu, bagaimana kalau makanan korea di adaptasi dengan lidah orang indonesia? Ayo kita coba!

Makanan Korea: Terung dan Jamur Tiram – Episode 33, 34, 35

Di episode kali ini Tim Delicious Rendezvous ditantang untuk membuat lunch box sebanyak 50 kotak. Lunch box ini akan dibagikan ke 50 orang lansia di wilayah Yeoju yang terdampak Covid-19. Makanan yang dibagikan juga harus punya gizi seimbang. Nah yang gampang dibuat di rumah salah satunya Tumis Terung dan Jamur Tiram.

Bahan yang dibutuhkan cuma Terung atau Jamur Tiram, bawang putih cincang, daun bawang yang dipotong kecil-kecil, lada, garam, saus tiram dan kaldu bubuk sebagai penyedap. Bahan opsionalnya bisa pakai kecap manis atau cabai untuk yang suka pedas.

Cara membuatnya masukkan minyak goreng sedikit lalu masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus. Tumis hingga harum. Masukkan daun bawang yang sudah dipotong. Menurut Chef Baek dan Yang Se Chan, menumis dengan cara seperti ini bikin tumisan makin sedap dan bisa menonjolkan cita rasa bahan utama. Selanjutnya, masukkan terung atau jamur tiram, bisa pilih salah satu bahan saja. Setelah agak layu masukkan saus tiram atau bisa menggunakan Saus Obor, lada, garam dan kaldu bubuk sebagai penyedap. Jika suka rasa manis, bisa ditambahkan kecap manis. Bagi yang suka pedas bisa tambahkan cabai yang sudah dipotong. Aduk-aduk terus dan siap disajikan. Paling nikmat disantap bersama nasi panas yang sudah dicampur margarin dan bawang goreng.

Lobak dan Bok Choy – Episode 25, 26, 27

Dengan bintang tamu Kyuhyun Super Junior dan Naeun April kita diajak untuk membuat olahan khas dari bahan-bahan yang berasal dari Yongin. Dengan inovasi baru, tteokbeoki lobak berhasil membuat para pengisi acara merasakan kenikmatan lobak hasil dari petani lokal di campur dengan tteok yang cocok disajikan sebagai kudapan.

Cara membuat tteokbokki lobak juga sangat mudah. Hanya membutuhkan lobak yang sudah dipotong dadu dan gochujang lalu dipanaskan di atas fry pan dengan api kecil sampai sari lobak keluar. Tidak perlu menambahkan apapun ke dalam fry pan. Lalu ketika lobak sudah layu dan tercampur dengan gochujang, masukkan tteok dan eomuk sesuai selera ke dalam fry pan. Campur dengan lobak gochujang. Jangan lupa sebelum dimasukkan, rebus tteok dan eomuk agar tidak keras. Tteokbokki lobak sudah siap dihidangkan. Cocok di santap sebagai camilan nonton drama korea.

Bukan cuma tteok lobak saja, penonton juga diajak memasak Bok Choy. Bok Choy merupakan sayuran yang menjadi varietas utama di Yongin. Bok Choy yang memiliki tekstur renyah bahkan setelah dimasak akan menjadi fokus utama Chef Baek. Kali ini, Bok Choy akan dimasak menjadi Suyuk. Suyuk sendiri merupakan masakan asli korea yang biasanya dimakan bersama kimchi. Namun oleh Chef Baek diubah dengan Bok Choy.

Suyuk Bok Choy Bok Choy di potong secara vertikal. Lalu masukkan ke dalam air yang mendidih dan diberi garam. Saat sudah setengah layu, tambahkan minyak sayur sedikit untuk memberikan kesan kilau pada Bok Choy. Cukup rebus Bok Choy setengah matang. Angkat dan masukkan ke dalam air dingin untuk menghentikan proses pematangan. Peras airnya dan tiriskan.

Bok Choy selanjutnya dibumbui dengan bawang putih cincang, bubuk cabai, garam atau kecap ikan, gula, minyak wijen, cuka dan garam wijen. Campur semuanya dan uleni sampai semua bagian Bok Choy tertutupi bumbu. Tekstur Bok Choy yang renyah akan menonjol dengan ditambah bumbu ini.

Berikutnya, rebus daging sapi kurang lebih selama satu jam. Daging sapi yang digunakan yaitu bagian bahu. Bumbu yang digunakan untuk merebus daging sapi yaitu bawang putih, bawang bombai, daun bawang, bubuk kopi, doenjang dan daun salam. Setelah daging sapi sudah dirasa empuk, angkat dan tiriskan. Jangan langsung dipotong saat masih panas. Biarkan mendingin agar mudah untuk diiris.

Cara menghidangkannya juga cukup sederhana. Potong tipis daging sapi. Letakkan di piring. Ambil Bok Choy dan taruh disamping daging. Cara memakannya adalah Bok Choy dimakan bersama dengan daging. Tekstur Bok Choy yang renyah dan daging sapi yang lembut sangat cocok disandingkan bersama.

Nah, ternyata makanan korea juga bisa dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di dapat. Jangan lupa untuk menjajal resep ini. Jangan takut untuk memberikan variasi di setiap masakan yang kamu buat. Jadi, minggu ini mau masak apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *