fbpx

Olahan Kentang yang Jadi Sahabat Steak

Ketahui Olahan Kentang yang Jadi Sahabatnya Steak!

Steak

Buat yang hobi makan steak, pastinya tahu kalau masakan daging yang satu ini punya banyak pendampingnya. Satu yang paling utama adalah olahan kentang. Tak hanya digoreng, rupanya kentang bisa dikreasikan macam-macam agar masakan secara keseluruhan tampil lebih menarik. Selain itu, kentang juga punya peranan penting untuk saling mengisi dengan daging steak agar cita rasa semakin menggiurkan.

Pada kesempatan kali ini, kita ingin mengajak kamu berkenalan dengan macam-macam olahan kentang di luar sana. Dengan mengetahuinya, mungkin saja bisa menambah koleksi resep di rumah agar kreasi di dapur semakin beragam. Yuk, kita simak satu per satu!

1. French Fries, Olahan Kentang yang Menjadi Idola

Olahan Kentang french fries

Inilah dia yang paling beken di antara semuanya. Apalagi alasannya kalau bukan mudah untuk diolah ataupun dicari di supermarket. Bumbui sedikit dengan garam saja sudah selangit rasanya, bukan? French fries, atau chips kalau orang Inggris menyebutnya, hadir di segala kesempatan. Tak hanya sebagai teman untuk steak, French fries juga hadir walau hanya dipadankan dengan sosis maupun dimakan langsung.

Meskipun terlihat sama, rupanya French fries juga tampil dengan berbagai bentuk. Misalnya crinkle-cut fries yang tampil bergelombang ataupun shoestring fries yang tampil lebih tipis. Kemudian ada curly fries yang bentuknya keriting membulat, hingga waffle fries ataupun potato wedges dengan kulitnya untuk rasa lebih nikmat.

2. Mashed Potato, Punya Sejarah Paling Panjang

Mashed Potato

Dikenal karena teksturnya yang lembut dan bisa menyerap bermacam bumbu dan saus. Tak kurang dari susu, mentega, garam, dan merica terkandung di dalamnya. Selebihnya saat disajikan, kentang tumbuk bisa disiram dengan gravy atau mushroom sauce bersama steak. Meskipun kentang goreng adalah yang paling terkenal, rupanya mashed potato punya sejarah yang lebih panjang. Dahulunya masyarakat Peru adalah yang pertama memasaknya dengan cara demikian. Kemudian ketika kentang dibawa ke Eropa oleh para kolonialis, maka masyarakat benua tersebut mulai menggarapnya dengan cara demikian ataupun sekadar direbus.

3. Lyonnaise Potatoes, yang Tampilannya Paling Elegan

Lyonnaise potatoes

Sesuai namanya, yang satu ini berasal dari kota Lyon di Prancis. Pertama, kentang dipotong dulu seperti berbentuk medali lalu dimasak setengah matang sebelum masuk ke wajan untuk dipanggang. Proses memasak di wajan menggunakan bahan-bahan seperti bawang, mentega, serta peterseli. Hasilnya adalah kentang dengan cita rasa yang elegan dan cocok dipadukan dengan steak.

4. Hash Brown, Makanan Olahan Kentang yang Banyak digilai

Olahan Kentang Enak

Nah, yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Diinspirasi dari masakan kentang yang dinamakan rosti dari Swiss, hash brown menggunakan kentang yang telah dicacah-cacah sebelum dimasak di atas wajan. Cacahan kentang ini membutuhkan bahan penyatu seperti telur ataupun minyak. Terkadang hash brown bisa dipadukan dengan daging ataupun sayuran, dan menghasilkan olahan kentang dengan citarasa yang gurih memanjakan.

Sama seperti French fries, hash brown juga memiliki olahan yang mirip dan dinamakan tater tots dengan bentuk tabung-tabung kecil. Awalnya tater tots diciptakan oleh industri kentang goreng dengan memanfaatkan sisa potongan kentang. Hingga kini tater tots biasanya akrab dinikmati oleh anak-anak pada khususnya.

5. Baked Potato, Olahan Kentang Paling Sehat

Olahan Kentang Lezat

Kemudian ada juga yang disebut baked potato. Kentang yang dipanggang dalam oven ini tampil utuh dengan kulitnya. Setelah dipanggang, kulit bagian atasnya dibuka sehingga kita bisa menikmatinya dari bagian tersebut. Kemudian kentang sedikit dibedah dan bisa dilumuri saus steak, keju, ataupun sayur dan daging. Di Amerika Utara, restoran steak biasanya menyediakan opsi olahan kentang yang satu ini.

Bagaimana dengan lima olahan kentang yang sudah kusebutkan di atas? Sebetulnya masih ada banyak yang bisa ditemukan dari seluruh dunia. Intinya, steak daging sapi biasa ataupun wagyu dan kentang adalah sahabat sejati. Apapun bentuknya seolah mereka diciptakan untuk satu sama lain. Jangan lupa tambahkan Saus Obor, untuk cita rasa steak dan olahan kentang yang lebih special. Wah, jadi ingin makan steak malam ini, ya!

 

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *