fbpx

Bumbu Dapur yang harus kamu kenal.

Bumbu Dapur yang harus kamu kenal sebelum memasak

Bumbu Dapur yang harus kamu kenal

Siapapun setuju bahwa salah satu kunci dari kelezatan sebuah hidangan adalah dari bumbu yang digunakan. Apalagi jika kita berbicara mengenai masakan nusantara, bumbu dapur khas nusantara menjadi rahasia utamanya. Namun, ada banyak sekali bumbu dapur yang ada di Indonesia dengan fungsi dan karakter yang berbeda. Yuk, kenali lebih dalam berbagai bumbu dapur wajib khas nusantara untuk bantu sempurnakan cita rasa dari masakan yang kamu miliki!

1. Bawang Merah & Bawang Putih

Bumbu Dapur bawang merah bawang putih

Bawang merah dan bawang putih bisa dikatakan sebagai rempah paling populer dan hampir digunakan sebagai bumbu dasar dari berbagai hidangan.

Selain memberikan rasa yang lebih gurih, kedua bumbu ini kerap digunakan karena aromanya yang harum ketika ditumis dengan minyak goreng.

Selain dimasak bersama kuliner lainnya, bawang merah dan bawang putih kerap digoreng untuk dijadikan bawang goreng sebagai pelengkap hidangan dengan cara ditaburi diatas makanan seperti soto, nasi goreng, bubur ayam, dan makanan lainnya.

2. Bawang Bombay

Bumbu Dapur Bawang bombay

Selain bawang merah dan bawang putih, rempah lain yang termasuk dapur wajib adalah bawang bombay.

Bawang bombay memiliki ukuran yang lebih besar dan membulat. Dibandingkan dengan bawang merah dan bawang putih, bawang bombay memiliki harum yang tidak terlalu tajam namun harum.

Selain ditumis, bawang bombay juga biasa disantap dalam kondisi segar sebagai campuran dari salad dan juga bisa disajikan sebagai camilan onion ring dengan menggorengnya dalam balutan tepung.

Sama halanya dengan bawang merah dan putih, bawang bombay memiliki dua varian yang dibedakan dari warnanya. Bawang bombay kuning dan bawang bombay merah.

3. Berbagai Jenis Cabai

Bumbu Dapur Cabai

Bahan dasar dapur wajib selanjutnya adalah cabai. Karena Indonesia terkenal akan rasa kulinernya yang pedas, ada banyak sekali varian dari bumbu dapur satu ini dengan tingkat pada yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan tingkat pedas paling tinggi, Toppers bisa mencoba menggunakan cabai rawit dan cabai burung, sedangkan cabai keriting bisa jadi pilihan pemberi rasa pedas namun tidak setajam cabai rawit.

Biasanya cabaidiolah dengan cara ditumbuk dan dihaluskan dalam hidangan nusantara.

Namun, dalam hidangan yang lebih modern, cabai umumnya hanya diiris sebelum digunakan untuk memasak. Selain digunakan dalam keadaan segar, cabai juga bisa dikeringkan.

4. Bumbu dapur Merica

Merica

Merica juga dikenal dengan nama lada merupakan bumbu dapur yang memiliki cita rasa pedas dan sedikit pahit.

Merica atau lada biasa menjadi bagian dari hidangan khas Indonesia seperti bumbu ayam goreng, sop, dan berbagai hidangan lainnya.

Merica juga tersedia dalam bentuk bubuk untuk digunakan sebagai pelengkap makanan-mu. Lada bubuk ini bisa kamu tabur ke berbagai makanan seperti mie, soto, dan lainnya.

5. Bumbu Dapur Jahe

Jahe

Selain terkenal sebagai bahan dasar memasak, bumbu dapur satu ini juga kerap digunakan sebagai obat-obatan.

Jahe memiliki cita rasa pedas dan biasa digunakan untuk kuliner bersantan dan juga ditumis. Selain masakan, jahe juga kerap menjadi bahan dalam membuat minuman-minuman hangat seperti wedang jahe.

Kamu bisa mencoba memasak sendiri di rumah.

Jangan lupa, untuk menambahkan Saus Masak Serbaguna Obor

untuk cita rasa masakan yang lebih nikmat.

6. Bumbu Dapur Lengkuas

Lengkuas

Sekilas bumbu dapur satu ini terlihat seperti jahe, namun lengkuas memiliki cita rasa dan fungsi yang berbeda.

Lengkuas umumnya digunakan untuk memasak kuliner bersantan, sayur asam, dan berbagai masakan tumisan.

Lengkuas memiliki aroma yang lebih wangi dan rasa pahit keasaman khas rempah-rempah. Di beberapa daerah di Indonesia, lengkuas juga dengan nama Laos.

7. Serai

Daun serai

Bumbu selanjutnya memiliki fungsi untuk memberikan aroma pada masakanmu. Berbentuk seperti rumput ilalang, serai atau sereh ini digunakan dengan mengiris atau mememarkan bagian bongol-nya.

Selain makanan, serai juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman-minuman tradisional.

8. Kunyit

Kunyit

Jika sering menikmati kuliner seperti opor dan kari yang berwarna kekuningan, bumbu dapur satu inilah yang memiliki peran dalam memberikan warna tersebut.

Rempah-rempah satu ini nggak cuma digunakan untuk memberikan warna tapi juga menghilangkan aroma-aroma tak sedap dari bahan-bahan makanan berbentuk daging baik sapi, ayam, ataupun ikan.

Selain itu, kunyit ini juga merupakan bahan dasar yang kerap digunakan dalam membuat jamu tradisional.

9. Daun Salam

Bumbu Dapur daun salam

Jika kebanyakan bumbu dapur sebelumnya merupakan umbi, bumbu dapur selanjutnya berupa daun. Daun salam memiliki fungsi memberikan aroma khas dalam masakan-masakan seperti lodeh, opor, dan berbagai hidangan yang menggunakan santan lainnya.

Selain itu, daun salam juga bisa membantumu mengusir aroma-aroma nggak sedap dari hidangan seafood.

Maka dari itu, daun salam sering menjadi salah satu bumbu pelengkap ikan bakar ataupun pepes ikan.

10. Daun Jeruk

Bumbu Dapur daun jeruk

Selain daun salam, daun jeruk juga sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk memberikan aroma lebih sedap pada hidangan.

Daun jeruk yang sering digunakan sebagai bumbu dapur adalah jeruk purut. Sama halnya dengan daun salam, daun jeruk biasanya diiris atau disobek sebelum ditumis atau dimasak bersama bumbu dapur lainnya.

Simak artikel lainnya disini

Sumber

Saus Obor

Pesan Saus Obor
SEKARANG JUGA!​

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *